Unggulan

Rabu, 10 Juli 2019

Pengertian dan Kelebihan Pipa HDPE yang Wajib Anda Ketahui


Pipa HDPE (High Density Polyethylene) merupakan produk pipa plastik bertekanan yang umumnya dipakai untuk saluran air bersih berstandar food grade. High Density Polyethylene atau Polietilena berdensitas tinggi adalah bahan baku material pembuatan Pipa PE.

Umumnya HDPE juga dikenal dengan nama Pipa PE (atau Pipa PE-100). Material HDPE dibuat dari bahan minyak bumi yang mempunyai karakteristik antara lain, yaitu:
1. Mempunyai tingkat kelenturan dan kekuatan tinggi jadi tak gampang rusak.
2. Ikatan antar molekul material yang terikat sangat kuat satu dengan yang lain jadi tingkat keretakan sangat rendah.

HDPE adalah pipa berstandar food grade yang artinya aman untuk peralatan makan dan minum. Karena bahan dari produk pipa yang satu ini yang tak gampang rusak dan menyebabkan pencemaran. Material ini sangat cocok dan direkomendasikan untuk saluran air bersih bertekanan.

Pipa PE-100 atau HDPE mempunyai tingkat fleksibilitas yang sangat baik. Pipa ini bisa dipasang dimana saja. Usia pemakaiannya juga bisa bertahan lama. Tak hanya itu, Pipa ini juga anti karat, masalah yang sering dialami oleh pipa besi. Karena itulah, produk ini sangat cocok dipasang di kawasan tropis seperti Indonesia karena ketahanan pada pengaruh lingkungan jadi tak gampang rusak.

Jenis Pipa HDPE
Jenis Pipa PE-100 atau HDPE ini bisa digolongkan menjadi beberapa varian dan jenis sesuai keperluan, diantaranya yaitu:

Berdasarkan Penggunaan/Pemakaian
* Untuk pembangunan saluran air bersih
* Pembangunan saluran gas bertekanan
* Sebagai Selongsong atau pelindung kabel

Berdasarkan Kemasan Produk
* Pipa PE Batang
* Pipa PE Roll

Berdasarkan Keperluan Tekanan
* Pipa PE-100 PN-4
* Pipa PE-100 PN-5
* Pipa PE-100 PN-6,3
* Pipa PE-100 PN-8
* Pipa PE-100 PN-10
* Pipa PE-100 PN-12,5
* Pipa PE-100 PN-16
* Pipa PE-100 PN-20

Jenis Aksesoris Pipa HDPE
Dalam instalasi saluran air, pipa didukung oleh beberapa aksesoris perpipaan dengan berbagai macam bentuk serta ukuran diameter. Jenis aksesoris atau fitting HDPE umumnya dibedakan sesuai dengan jenis penyambungan yang dipilih. Dengan demikian, secara umum ada 3 jenis aksesoris yang dipakai, yaitu:


1. Compression Joint
Merupakan aksesoris yang dipakai untuk penyambungan pipa tanpa memakai mesin penyambungan (welding machine) HDPE, bahan perekat lainnya ataupun metode penyambungan Mechanical Joint.

2. Butt Fusion
Metode penyambungan HDPE yang dilaksanakan dengan memakai mesin penyambungan (welding machine). Mekanismenya yaitu dengan memanaskan kedua sisi pipa ataupun aksesoris HDPE sampai meleleh, kemudian langsung disatukan.

3. Electrical Fusion Joint
Aksesoris penyambungan HDPE yang mempunyai panel listrik yang dikonversi menjadi panas untuk melelehkan kedua sisi yang akan disatukan.

Kelebihan Pipa HDPE
- Ringan
Apabila dibandingkan dengan pipa besi, HDPE lebih ringan jadi lebih memudahkan proses instalasi dan mobilisasi dalam proses pembangunan saluran air. Pipa ini juga bisa bertahan dalam jangka waktu lama, tak kalah dengan pipa besi.

- Sistem Penyambungan Bervariasi
Cara penyambungan HDPE secara umum bisa dibagi menjadi tiga. Compression Joint merupakan cara penyambungan tanpa memakai bantuan mesin. Tak hanya itu, ada cara penyambungan yang memakai bantuan mesin, yaitu Butt Fusion dan Electrical Fusion Joint.

- Ramah Lingkungan & Berstandar Food Grade
Karakter High Density Polyethylene atau Polietilena berdensitas tinggi yang tak gampang mengalami kerusakan dan mencemari aliran air bersih, membuat HDPE ini sesuai dengan standar food grade. Produk pipa plastik ini juga tak mengalami masalah karat seperti pipa besi yang bisa mencemari air. Bukan hanya itu, bahan dari HDPE ini juga gampang didaur ulang jadi lebih ramah lingkungan.

- Fleksibel & lentur
HDPE mempunyai tingkat kelenturan yang sangat tinggi. Keistimewaan ini membuat proses instalasi HDPE ini lebih gampang jika dibandingkan dengan pipa besi karena tak membutuhkan aksesoris yang terlalu banyak. Sebab kelenturan yang tinggi, pipa ini tersedia dalam bentuk roll samapi ratusan meter.

- Tahan Berbagai Kondisi & Cuaca
Pipa HDPE mempunyai kekuatan serta ketahanan yang tinggi jadi mampu bertahan dalam berbagai kondisi dan cuaca. Sebab itulah HDPE ini cocok untuk dipakai dimana saja.

Dengan beberapa keterangan mengenai Pipa HPDE/Pipa PE 100 di atas sudah Anda ketahui. Anda bisa memakai Pipa HPDE/Pipa PE 100 untuk berbagai kepentingan. Anda pun bisa menyesuaikan ukuran pipa dengan keperluan yang ada, jadi nantinya tak salah pilih. Hal ini pun bisa membuat pemakaian Pipa HPDE/Pipa PE 100 semakin optimal dan sesuai dengan keperluan Anda. Sekian pembahasan singkat mengenai artikel dengan judul "Iniloh Pengertian dan Kelebihan Pipa HDPE, Yang Wajib Anda Ketahui". Semoga berguna dan bermanfaat bagi Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar