Unggulan

Rabu, 10 Juli 2019

Yuk Kepoin Lebih Banyak Tentang Fungsi-fungsi Pipa PVC

Dari sejumlah orang mulai mencari informasi mengenai pengertian pipa PVC beserta fungsinya. Hal yang satu ini menjadi sesuatu yang sudah umum, mengingat pipa PVC menjadi salah satu produk yang dipakai di berbagai ranah kehidupan, terutama untuk menjadi saluran air. Dengan adanya informasi mengenai pengertian pipa PVC dan fungsinya pun akan memberi kemudahan bagi siapa saja yang ingin memakainya di kemudian hari. Dan apabila Anda juga ingin mengetahuinya, maka tak ada salahnya untuk mengenalnya terlebih dahulu.

Dalam era yang semakin canggih seperti sekarang ini, pengertian pipa PVC dan fungsinya menjadi salah satu informasi penting yang ada baiknya untuk diketahui oleh banyak orang. Hal ini menjadi bukti bahwa pemakaian pipa PVC juga berkaitan dengan pengertiannya. Maka dari itu, mengetahui informasi ini pun menjadi suatu hal yang sangat penting untuk banyak pihak. Apabila Anda juga ingin memakai pipa PVC sebagai saluran air, maka harus memahami terlebih dulu pengertian pipa PVC dan fungsinya. Dengan memahami pengertian dan fungsinya, nantinya Anda tak akan salah menafsirkan. Hal ini juga akan sangat membantu saat Anda masih merasa awam dengan hal yang satu ini.

Pengertian Pipa PVC dan Fungsinya

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pengertian pipa PVC dan fungsinya menjadi salah satu info penting yang sebaiknya Anda ketahui. Dengan mengerti info tentang pengertian pipa PVC, maka Anda tak akan salah dalam memilih dan memahami seperti apa pipa ini sebetulnya. Fungsinya juga perlu diketahui, dengan tujuan yang sama, yaitu memahaminya. Jika Anda ingin mengerti pengertian pipa PVC dan fungsinya, maka tak perlu khawatir. Berikut ini informasi mengenai pengertian pipa PVC beserta fungsinya.

1. Pengertian Pipa PVC

Pipa PVC (PolyVinyl Chloride) merupakan produk termoplastik yang pertama kali digunakan untuk saluran air dan pipa PVC yaitu jenis pipa yang paling banyak digunakan sampai sekarang. Karena pipa PVC mempunyai banyak manfaat. Pipa ini dibuat dari bahan baku berupa polivinil klorida yang juga bisa disebut dengan PVC. Material ini merupakan salah satu produk polimer termoplastik pada urutan ketiga. Kelebihannya yaitu mempunyai harga murah serta gampang untuk dirangkai. Oleh karena itu tak heran bila dipakai di banyak tempat.

2. Fungsi Pipa PVC

Pipa yang satu ini juga mempunyai beberapa fungsi yang bisa kita rasakan secara langsung. Berikut ini beberapa fungsi dari pipa PVC tersebut.
- Jadi saluran supply untuk air bersih, kotor ataupun buangan.
- Bisa jadi pelindung kabel listrik yang ditanam di tanah atau dinding rusak, yang sifatnya tak berkarat atau membusuk akibat pengaruh alam dan cuaca.
- Dapat dipakai untuk pemakaian tekanan tinggi seperti sprinkler, saluran bahan kimia, irigasi, dan air minum.
- Bisa dipakai untuk pemakaian tekanan menengah seperti venting pada bangunan, pembuangan, irigasi, dan air minum.
- Menjadi saluran bahan kimia dengan berbagai macam fungsinya.
- Dapat digunakan untuk tekanan rendah seperti air hujan, pembuangan air di jalan raya, pembuangan bahan kimia. Pembangunan limbah dan selokan.
- Dipakai oleh Telkom untuk Telkom Duct System (Subduct System).


Kelebihan Dari Produk Pipa PVC

Beragam informasi tentang pengertian pipa PVC dan fungsinya seperti yang ada di atas bisa Anda maksimalkan. Namun, Anda juga bisa mengetahui beberapa kelebihan dari produk ini, bahkan merasakannya secara langsung. Berikut ini beberapa keunggulan yang bisa Anda peroleh dengan memakai pipa PVC.

1. Prosedur Instalasi Gampang
Jika dibandingkan dengan produk pipa dari bahan besi, pipa PVC memiliki prosedur pemasangan yang lebih gampang. Bahan pembuatannya yaitu thermoplastik, jadi membuatnya lebih gampang untuk dipotong tanpa memerlukan biaya besar dan kesulitan tertentu. Bukan hanya itu, pipa ini ringan, jadi gampang untuk dibawa.

2. Anti Korosi
Pipa ini mempunyai karakter, yaitu anti korosi. Selain itu, bahan pembuatan pipa PVC juga tahan pada bahan kimia tertentu, contohnya alkali dan beberapa senyawa kimia yang lainnya.

3. Tidak Menghantarkan Nyala Api
Jika Pipa PVC terbakar tak akan meneruskan titik nyala api. Bahkan titik api tersebut bisa dipadamkan dengan sendirinya.

4. Permukaan Licin
Pipa ini mempunyai permukaan yang licin. Karena itulah kecepatan aliran di dalamnya konstan, tak menimbulkan endapan kotoran, tak gampang tergerus akibat adanya partikel tertentu dan tahanan alirannya pun kecil.

Dengan beberapa keterangan mengenai pengertian pipa PVC dan fungsinya di atas sudah Anda ketahui. Anda bisa memakai pipa PVC untuk berbagai kepentingan. Anda pun bisa menyesuaikan ukuran pipa dengan keperluan yang ada, jadi nantinya tak salah pilih. Hal ini pun bisa membuat pemakaian pipa PVC semakin optimal dan sesuai dengan keperluan Anda. Sekian pembahasan singkat mengenai artikel yang berjudul "Yuk Kepoin Lebih Banyak Tentang Pengertian dan Fungsi Pipa PVC". Semoga berguna dan bermanfaat bagi Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar