Unggulan

Kamis, 11 Juli 2019

Kreatif, Ini 7 Perabotan Rumah dari Pipa PVC yang Bisa Kamu Tiru

Bukan hanya dipakai sebagai media mengalirkan air, ternyata banyak cara untuk memanfaatkan pipa PVC di rumah. Ukurannya yang cukup beragam serta materialnya yang mempunyai durabilitas tinggi, membuat pipa ini bisa disulap jadi rak sepatu bahkan sampai kaki-kaki meja. Mungkin 7 desain perabot dari pipa PVC ini bisa jadi inspirasimu. Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini, yuk!

#1 Gantungan Alat Berkebun
Alat-alat untuk berkebun seperti sekop, penggaruk tanah, sampai cangkul sering sekali diletakkan begitu saja di dalam gudang atau garasi. Supaya lebih tertata, Anda bisa menyiapkan area dan wadah khusus untuk menempatkannya.

Di sisi lain, potongan pipa PVC ukuran sedang bisa Anda manfaatkan sebagai media menggantung alat-alat tersebut. Tak hanya potongan pipa, bahan yang Anda perlukan yaitu beberapa batang papan kayu ukuran kecil dan paku.

Tempelkan potongan pipa tersebut dengan jarak tertentu pada kayu memakai paku. Buatlah potongan kayu berpipa tersebut menjadi dua bagian kemudian tempelkan keduanya sebagai bagian atas dan bawah pada dinding yang diingkan. Selanjutnya, gantungan pun sudah siap dipakai jadi berbagai alat berkebun bisa tertata sempurna.

#2 Pot Succulent dari Pipa PVC
Tanaman succulent bukan hanya mempunyai bentuk yang menarik, tetapi media tanam yang bisa menampungnya pun tak kalah unik. Anda bisa memanfaatkan sebilah pipa ukuran kecil sebagai pot dari tanaman satu ini.

Sebelum memasukkan tanah dan menata succulent sedemikian rupa, berikan 2-3 lubang pada permukaannya dengan memakai solder panas. Supaya tampilannya lebih menarik, semprotkan cat sesuai dengan keinginanmu. Kemudidan tunggulah sampai kering dan pot pipa pun siap dipakai.

Baca Juga:
Anda Harus Tau! Perbedaan Antara Pipa PVC dengan HDPE
Pengertian dan Kelebihan Pipa HDPE yang Wajib Anda Ketahui
Yuk Kepoin Lebih Banyak Tentang Fungsi-fungsi Pipa PVC
Jarang Orang Tahu! Ternyata, Begini Asal Muasal Pipa PVC

#3 Rak Obeng
Obeng adalah perkakas yang cukup sering tercecer pada saat sudah dipakai. Hal ini dikarenakan penempatannya yang selalu sembarangan. Letakkan rak ini di atas meja kerjamu, maka obeng-obeng yang sering dipakai tak akan hilang tercecer lagi. Keren bukan?

#4 Rak Sepatu Simpel Pipa PVC
Manfaat dari pipa PVC ternyata sangatlah banyak dan begitu berguna di rumah. Contoh desain perabot lain yang bisa dibuat dari pipa ini yaitu rak sepatu mungil.

Untuk bagian rangka bisa dibuat dari pipa ukuran sedang dengan warna abu-abu atau putih. Sementara itu untuk bagian dasarnya, Anda bisa memanfaatkan kain bekas atau pun material kulit yang sudah tak terpakai lagi.

#5 Separator Kecil untuk Balita
Ketika balita sudah bisa merangkak dan berjalan, mereka senang mengeksplorasi isi rumah tanpa tahu apakah tempat tersebut berbahaya bagi mereka atau tak.

Karena itulah banyak orang tua yang memasang separator atau pintu kecil yang bisa menghalau anak kabur dari ruangan mereka. Dengan demikian, pintu tersebut bisa juga dibuat dari material pipa PVC. Bukan hanya kuat pipa ini pun aman karena tak mempunyai permukaan yang tajam dan bisa melukai anak.

#6 Wadah Makanan Ayam
Desain pipa PVC tak hanya berupa silinder memanjang, tetapi juga mempunyai beberapa bagian lain berbentuk siku dan bahkan bisa jadi penutup.

Nah, bagian pipa tersebut bisa Anda manfaatkan lho sebagai wadah makanan ayam peliharaan di rumah. bukan hanya itu, Anda juga bisa membuat versi untuk burung dengan ukuran pipa yang lebih kecil.

#7 Jemuran Handuk dan Baju Renang
Masalah rumahan seperti tak adanya jemuran bisa teratasi dengan pipa yang satu ini lho. Pipa tersebut bisa Anda manfaatkan dan diubah menjadi jemuran kecil yang muat untuk handuk bahkan baju renang. Seperti contoh jemuran bermaterial pipa dari situs jual beli etsy satu ini.

Hmmhh.. jika dipikir-pikir daripada beli, mungkin Anda juga bisa membuatnya sendiri. Simpel dan praktis, cara membuatnya pun tak memerlukan waktu yang begitu lama. Jika sudah jadi, Anda bisa menempatkan jemuran ini baik di dalam ruangan ataupun di luar. Tak hanya tujuh desain perabot di atas, masih banyak lagi yang bisa Anda buat dengan pipa PVC ini.

Demikian beberapa keterangan mengenai artikel dengan judul "Kreatif, Ini 7 Perabotan Rumah dari Pipa PVC yang Bisa Kamu Tiru". Semoga berguna dan bermanfaat bagi Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar