Unggulan

Kamis, 11 Juli 2019

Jarang Orang Tahu! Ternyata, Begini Asal Usul dari Pipa PVC


Informasi penting terkait asal muasal Pipa PVC, proses pembuatan, kelebihan dan kelemahan, sampai negara yang pertama kali mengaplikasikan pemakaian Pipa PVC ini.

PVC atau polyvinyl chloride merupakan salah satu material pipa yang paling banyak dipilih sejak abad ke 20. Hal tersebut dikarenakan ketahanan serta sifatnya yang gampang untuk diinstalasi. Bukan hanya itu, bahan PVC dianggap lebih murah bila dibandingkan dengan bahan lain, terutama dalam pembuatan pipa. Pipa yang terbuat dari PVC ini tak hanya dipakai dalam skala rumah tangga saja. Bahkan, pengaliran air dari pusat sumber air ke beberapa daerah terkadang juga masih memakai pipa berbahan PVC ini. Hal ini tentu membuktikan bahwa keberadaan material PVC ini sangat dibutuhkan, terutama menyangkut plumbing system di suatu area.

Walaupun sudah sangat sering dipakai dalam pembuatan pipa, tetapi sangat di sayangkan, banyak di antara kita yang belum terlalu familiar dengan material ini. Padahal, material ini disebut sebagai salah satu penemuan revolusioner di abad ke 19 dan mulai banyak dipakai sejak abad ke 20. Lantas, bagaimana PVC ini bisa ditemukan? Bagaimana perkembangan material ini sampai sekarang? Dengan demikian, berikut ini akan kita uraikan satu per satu hal yang berkaitan dengan material PVC.

A. Asal Muasal Pipa PVC

PVC atau Polyvinyl chloride ini dikembangkan oleh seorang ahli kimia berkebangsaan Prancis bernama Henri Victor Regnault di abad ke 19. Akan tetapi ketika pertama kali ditemukan, material ini masih sangat keras dan kaku, jadi sulit untuk dilengkungkan. Waktu itu, PVC belum sempat dilirik untuk menjadi material pembuat home appliances karena dianggap tak praktis serta biayanya cukup mahal. Baru di sekitar tahun 1920an karena banyak jenis plastik ditemukan yang ditambahkan ke dalam PVC membuat kekakuan PVC sedikit berkurang.

Dan yang pertama kali melaksanakan terobosan ini yaitu perusahaan B.F. Goodrich company. Perusahaan ini sukses membuat bahan PVC menjadi sedikit lebih lentur dan tak terlalu kaku, jadi memungkinkan untuk dijadikan materi pembuat pipa.

B. Negara Yang Pertama Kali Mengaplikasikan Penggunaan Pipa PVC

Pada saat PVC dianggap mampu menjadi material pembuat pipa, negara yang banyak mengaplikasikan pemakaian pipa PVC ini yaitu Jerman. Tak butuh lama bagi pipa PVC untuk merebut perhatian pasar sebab terbukti Pipa PVC ini mempunyai kelebihan dalam mengalirkan air atau limbah, sebab ketahanannya serta sifatnya yang tak gampang korosi. Jerman banyak mengeksploitasi teknologi ini dan sudah menerapkannya dalam instalasi air minum di negara tersebut sejak tahun 1936.

Karena bahannya yang kuat serta ketahanannya yang tinggi, hal ini membuat banyak pipa yang dipakai pada instalasi air minum tersebut merupakan pipa yang pertama kali dipakai dan sampai sekarang belum pernah diganti. Hal ini membuktikan bahwa ketahanan bahan PVC ini bisa berlangsung sampai puluhan tahun..

Baca Juga:
Anda Harus Tau! Perbedaan Antara Pipa PVC dengan HDPE
Pengertian dan Kelebihan Pipa HDPE yang Wajib Anda Ketahui
Yuk Kepoin Lebih Banyak Tentang Fungsi-fungsi Pipa PVC

C. Pemakaian Pipa PVC di Amerika Serikat

Sesudah sukses dipakai di beberapa area di Jerman, kini giliran Amerika Serikat yang mempopulerkan pipa berbahan PVC pada setiap plumbing system di negara tersebut. Hal ini dimulai sekitar pertengahan tahun 1950an. Beberapa dekade kemudian, banyak dilaksanakan perbaikan dan penambahan terkait dengan komposisi material serta proses pembuatan pipa PVC ini. Sejak saat itu, pipa PVC mulai bisa dipakai di area perumahan di sepanjang wilayah negara bagian di Amerika Serikat.

D. Proses pembuatan Pipa PVC

Revolusi dari proses pembuatan Pipa PVC sudah menyebabkan perubahan besar pada pemakaian bahan ini di tahun berikutnya. Proses pembuatan pipa PVC yang pertama kali dipakai yaitu dengan meleburkan bubuk PVC. Sesudah melebur, bahan tersebut kemudian digilas dengan memakai mesin. Cara ini dianggap tak praktis, menyita waktu, serta mengakibatkan biaya yang tinggi pada proses produksi. Kemudian, metode yang lawas tersebut digantikan dengan metode yang lebih baru, yang disebut Ram Extruder Method.

Metode ini memungkinkan bahan PVC yang sudah leleh didorong ke dalam cetakan dan dicetak supaya bentuk antara satu PVC dengan yang lain bisa seragam. Seiring dengan banyaknya perkembangan jenis dan bahan plastik yang terbaru, maka bahan plastik tersebut dicampurkan ke dalam proses pembuatan PVC. Hal ini memungkinkan bahan PVC menjadi lebih fleksibel dan gampang dibentuk tanpa mengurangi ketahanannya. Dengan demikian, bahan PVC ini akan lebih gampang dibentuk menjadi sebuah pipa.

E. Tingkat Keamanan Penggunaan Pipa PVC

Sesudah beberapa waktu dipakai, tingkat keamanan PVC mulai dipertanyakan. Versi Pipa PVC yang paling awal diidentifikasi gampang pecah pada kondisi tekanan yang ekstrim dalam jangka waktu yang lama. Dan bahkan, ada beberapa Pipa PVC yang sudah pecah dalam masa instalasi. Tetapi, sering dengan penambahan material plastik yang banyak ditemukan sesudahnya, hal tersebut membuat kelenturan bahan PVC ini meningkat.

Isu yang baru ini merebak terkait dengan pemakaian Pipa PVC yaitu adanya keraguan apakah air minum yang disalurkan melalui Pipa PVC ini aman dikonsumsi. Akan tetapi, akhirnya terungkap tak terdapat kontaminasi bahan PVC yang menyebabkan menurunnya kualitas air minum. Kualitas air minum yang menurun diindikasikan karena adanya bakteri yang masuk melalui sela–sela sambungan antar pipa.

Demikian beberapa keterangan mengenai artikel dengan judul "Jarang Orang Tahu! Ternyata, Begini Asal Muasal Pipa PVC". Semoga berguna dan bermanfaat bagi Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar